PENGARUH COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) PADA PENINGKATAN HARGA DIRI REMAJA: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Lia Juniarni STIKep PPNI Jawa Barat
  • Wini Hadiyani
  • Nina Marlina
  • Sandra R. Nurrandi
  • Tri Desi Anggita

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v7i1.193

Keywords:

Cognitive Behavior Therapy (CBT), harga diri rendah, remaja

Abstract

Latar belakang: Studi literature review ini dilatar belakangi oleh masalah psikologis yang sering terjadi pada remaja yaitu harga diri rendah. Harga diri meningkat seiring bertambahnya usia dan paling terancam selama masa remaja. Bentuk penghargaan, penerimaan serta pengakuan membuat seseorang berharga dan diakui kehadirannya oleh lingkungan. Implikasi dari harga diri rendah, akan muncul masalah hubungan interpersonal, masalah dalam sekolah dan pekerjaan, ketergantungan zat, depresi atau gangguan mental lainnya. Tujuan: Literature ini ditujukan untuk menganalisis secara teoritik pengaruh Cognitive Behavior Therapy (CBT) terhadap peningkatan harga diri pada remaja. Metode: Metode kajian literatur dilakukan terhadap lima artikel yang diperoleh dari sejumlah dua database Google Scholar dan PUBMED. Kata kunci untuk pencarian artikel adalah “Cognitive Behavior Therapy (CBT)â€, â€harga diri rendahâ€, “self esteemâ€,“treatmentâ€,“remajaâ€,â€Teenager†or â€Adolecentâ€. Kriteria artikel yang digunakan berbahasa Inggris dan Indonesia, diterbitkan  dari  tahun  2016 sampai 2018. Hasil : tinjauan ini menunjukkan nilai yang signifikan yaitu dari ketiga artikel menujukan nilai (p< 0.05) yang artinya adanya pengaruh dari terapi kognitif atau cognitive behavior therapy (CBT) terhadap peningkatan harga diri pada remaja. Kesimpulan: terapi kognitif atau cognitive behavior therapy (CBT) merupakan terapi yang diyakini dapat meningkatkan harga diri rendah pada remaja sehingga diharapkan tenaga kesehatan dapat menerapkan terapi kognitif untuk mengurangi tingkat harga diri rendah pada remaja.

References

Dian Hapsari, K. A. (2016). Cognitive Behavior therapy untuk Peningkatan Harga Diri Remaja Putra di Panti Asuhan "M" Klaten. InSight.

Fajariyah N. (2012). Asuhan Keperawatan dengan Gangguan Harga Diri Rendah. Jakarta: Trans Info Media.

Indriyani, Diyan dan Asmuji. (2014). Buku Ajar Keperawatan Maternitas: Upaya Promotif dan Preventif dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol 4:, No 1. Mei (2016); Korespondensi : Betie Febriana Pengaruh Terapi Kognitif Terhadap Harga Diri Remaja Korban Bullying.

Meilita, Z. (2018). Cognitive Behavior Therapy terhadap Harga Diri Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Jurnal Afiat, Vol 4 no 2.

Muhith, Abdul. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Potter, Perry. (2010). Fundamental of Nursing: Consep, Proses and Practice. Edisi 7. Vol. 3. Jakarta : EGC.

WHO. (2009). World Health Statistics. Diakses tanggal 20 November 2020.

Whitehead, D.L & Steptoe, A. (2007). Prison. In Fink, G (Ed). Encyclopedia of stress. 2nd edition. Volume 3. pp. 217-221. e-book edition.

Zulian Efendi, S. P. (2016). Pengaruh Terapi Kognitif terhadap Peningkatan Harga Diri Remaja.

Published

2021-01-31

How to Cite

Juniarni, L., Hadiyani, W., Marlina, N., Nurrandi, S. R., & Anggita, T. D. (2021). PENGARUH COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) PADA PENINGKATAN HARGA DIRI REMAJA: LITERATURE REVIEW. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 7(1), 32–38. https://doi.org/10.33755/jkk.v7i1.193