OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI KEPALA RUANGAN DALAM PELAKSANAAN SOSIALISASI REGULASI DAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL KESELAMATAN PASIEN
DOI:
https://doi.org/10.33755/jkk.v6i2.165Keywords:
keselamatan pasien, regulasi, spo.Abstract
Keselamatan pasien merupakan hal yang penting dari suatu pelayanan kesehatan di era saat ini. Seorang perawat wajib memiliki kemampuan dan kepercayaan diri dalam melaksanakan program-program keselamatan pasien. Perawat butuh suatu acuan dan pedoman berupa pemahaman yang jelas mengenai suatu panduan dan standar oprasional prosedur yang ada dan disepakati disuatu organisasi. Manajemen berkewajiban memastikan bahwa seluruh stafnya paham, mengikuti dan patuh melaksanakan  panduan dan standar oprasional prosedur yang ada. Pengkajian di rumah sakit di Jakarta dengan metode studi kasus didapatkan adanya insiden jatuh, kesalahan identifikasi pasien, kesalahan pengobatan, ketidak seragaman pada tindakan asuhan keperawatan, belum optimalnya komunikasi SBAR saat serah terima, penyimpanan obat-obatan konsentrasi tinggi belum sesuai standar dan adanya konflik antar profesi. Tujuan study ini adalah memberikan penguatan peran dan fungsi manajemen kepala ruangan terkait cara sosialisasi panduan dan standar oprasional prosedur yang benar dalam upaya meningkatkan keselamatan pasien. Penguatan yang diberikan kepada kepala ruangan dan perawat primer berupa bimbingan teknis yang benar menurut teori dan aplikasi langsung diruangan rawat inap. Kegiatan ini menggunakan tahap perubahan berencana dari kurt lewin untuk mengatasi permasalahan yang ditemui. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman terhadap standar oprasional prosedur akan mengubah perilaku seseorang kearah yang lebih baik, dan terdapat hubungan yang cukup kuat ditemukan antara kualitas standar operasional prosedur dengan kinerja, sehingga kepala ruangan wajib memiliki kompetensi yang baik dalam melakukan sosialisasi panduan dan standar oprasional prosedur. Disarankan untuk rumah sakit agar memberikan pelatihan manajemen bangsal kepada kepala ruangan sebagai penguat kompetensinya dan meningkatkan rasa percaya diri untuk memberikan justifikasi dan argumentasi, sebagai bekal negosiasi terhadap rekan-rekan petugas kesehatan lainnya.
References
Ashoor, I., Najafian, N., Korin, Y., Reed, E. F., & Lin, M. (2013). Standardization and Cross Validation of Alloreactive IFN g ELISPOT Assays Within the Clinical Trials in Organ Transplantation Consortium, 1871–1879.https://doi.org/10.1002/ajt.1228
Ausserhofer D., Rakic S., Novo A., Drofic E., Fisekoic E., Sredic A. & Vanmalderen G. (2016) Improving the safety and quality of nursing care through standardizedoperating procedures in Bosnia and Herzegovina. International Nursing Review 63, 208–217.
Fakhry, Samah Faisal. 2016. “Effectiveness of Audit and Evaluative Feedback on the Performance of Head Nurses in Shift Reporting Samah Faisal Fakhry.†5(6): 16–22.
Goncharuk, A. G. (2018). Exploring A Motivation Of Medical Staff. The International Journal of Health Planning and Management, (March).
Gillies, D. A. (1999). Nursing management: A system approach. (4th ed). Philadelphia: WB Saunders Company.
Hariyati, dkk. (2018). Manajemen Risiko Bagi Manajer Keperawatan dalam Meningkatkan Mutu dan Keselamatan Pasien. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Hariyati, Tutik S. (2014). Perencanaan, Pengembangan dan Utilisasi Tenaga Keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Kemenkes. (2015). Pedoman Nasional Keselamatan Pasien Edisi III. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kester, K., & Wei, H. (2018). Building Nurse Resilience. Nursing Management, 49(6), 42-45. doi:10.1097/01.NUMA. 0000533768.28005.36
KKPRS. (2015). Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP). Jakarta: KKPRS.
Kristin M. Bass, Dina Drits-Esser and Louisa A. Stark, A Primer for Developing Measures of Science Content Knowledge for Small-Scale Research and Instructional Use, CBE—Life Sciences Education, 10.1187/cbe.15-07-0142, 15, 2, (rm2), (2016).
Luan, X., Wang, P., Hou, W., Chen, L., & Lou, F. (2017). Job stress and burnout: A comparative study of senior and head nurses in China. Nursing and Health Sciences, 19(2), 163–169. https://doi.org/10.1111/nhs. 12328.
Marquis, Bessie. L & Huston, C. J. (2015). Leadership roles and management functions in nursing: theory and application (8th ed.). Canada: Lippincot Williams & Wilkins.
McEachen Irene, keogh jim. (2018). Manajemen Keperawatan DeMYSTified-Nurse Managemen DeMYSTified.Ed1th.Yogyakarta:Ani
Mudallal, R. H., Othman, W. M., & Al Hassan, N. F. (2017). Nurses’ Burnout: The Influence of Leader Empowering Behaviors, Work Conditions, and Demographic Traits. INQUIRY : The Journal of Health Care Organization, Provision, and Financing, 54, 1–10. https://doi.org/10.1177/0046958017724944
Rao, T. S. Sathyanarayana, Radhakrishnan, R., & Andrade, C. (2011). Standard operating procedures for clinical practice. Indian Journal of Psychiatry, 53(1),1–3. https://doi.org/10.4103/ 0019- 5545.75542
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior (17th ed.). England: Pearson Education Limited.
Rognås, L., Hansen, T.M., Kirkegaard, H. et al. Standard operating procedure changed pre-hospital critical care anaesthesiologists’ behaviour: a quality control study. Scand J Trauma Resusc Emerg Med 21, 84 (2013) doi:10.1186/1757-7241-21-84
Sastre-fullana, Pedro, Jose Miguel Morales-asencio, Albert Sesé-abad, Miquel Bennasar-veny, Juan Carlos Fernández-domÃnguez, and Joan De Pedro-gómez. 2017. “Advanced Practice Nursing Competency Assessment Instrument ( APNCAI ): Clinimetric Validation.†doi:10.1136/bmjopen-2016-013659
Swansburg, R.C. (1995). Nursing Staff Development. Jones and Bartlett Publisher, Toronto
Tvedt, C., Sjetne, I. S., Helgeland, J., & Bukholm, G. (2012). A cross-sectional study to identify organisational processes associated with nurse-reported quality and patient safety. BMJ Open, 2(6), 1–10. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2012-001967
Walter, R., Helena, M., Freitas, B. De, Maria, H., & Pereira, W. (2016). Standard operating procedure in the hospital context: the nurses’ perception. Revista de Pesquisa Cuidado é Fundamental Online, 8(4), 5095–5100. https://doi.org/10.9789/2175-5361
Willem, A., Buelens, M., & De Jonghe, I. (2007). Impact of organizational structure on nurses’ job satisfaction: A questionnaire survey. International Journal of Nursing Studies, 44(6), 1011–1020. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2006.03.013