THE EFFECTIVENESS OF AL-QUR’AN MURROTAL THERAPY ON REDUCING PAIN AMONG POSTOPERATIVE PATIENTS: A SYSTEMATIC REVIEW

Authors

  • Bhakti Permana
  • Nunung Nurhayati
  • Citra Nurintan Amelia
  • Linlin Lindayani (Scopus ID:57196439352, Sinta ID:5973276), Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v7i1.197

Keywords:

Terapi Murrotal, Nyeri, Post Operasi, Literature review

Abstract

Nyeri merupakan suatu kondisi yang lebih dari satu sensasi yang disebabkan oleh stimulus tertentu. Intensitas bervariasi dari rasa nyeri ringan hingga nyeri berat, tetapi menurun sejalan dengan proses penyembuhan. Manajemen nyeri pada pasien pasca operasi sangat penting baik terapi farmakologi dan nonfarmakologi. Metode farmakologi yang digunakan sebagai manajemen nyeri adalah pemberian analgesic anti nyeri, yang dibagi menjadi dua kelompok: analgesik dan non-narkotik. Nonfarmakologi menyajikan beberapa bentuk terapi musik dan distraksi. Musik adalah kumpulan bunyi yang ditetapkan untuk menghasilkan ritme atau nyanyian, yang dihasilkan dari alat-alat musik yang dapat menghasilkan ritme. Terapi murottal Qur’an adalah terapi mendengarkan al-qur’an yang merupakan terapi keagamaan dimana seseorang mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an. Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini menggunakan metode tinjauan sistematis terhadap literature yang ada, untuk mengevaluasi respon subjektif pasien setelah menerapkan terapi murrotal terhadap penurunan nyeri pasca operasi. Hasil dari penelitian literature review ini  terbukti bahwa terapi murrotal Al-Qur’an efektif untuk menurunkan nyeri terhadap pasien pasca operasi. Terapi murrotal Al-Qur’an dapat menggunakan surah yang terkandung dalam Al-Qur’an dan melakukannya selama 15-20 menit.

References

Apriansyah, dkk. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Pre Operasi Dengan Derajat Nyeri Pada Post Sectio Caesarea Di RS Muhammadiyah Palembang. Jurnal Keperawatan Sriwijaya. 2015:2:1.

Brunner & Suddarth. Perbedaan Teknik Relaksasi Otot Progresif dan Imajinasi Terbimbing Dalam Penurunan Tingkat Stres Pada Pasien Pre Operasi Di Ruang Mawar RSUD DR. H. Abdul Moeloek. Jurnal Kesehatan Holistik. 2013:10:3.

Bahari, dkk. Pengaruh Murrotal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Orif Ekstermitas Di RSUD Soesilo Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi. 2018:2:2.

Dinkes Jabar, 2015. Profil Kesehatan Tahun. Dinas Kesehatan Jawa Barat.

Eldessa. Terapi Murrotal Efektif Menurunkan Tingkat Nyeri Dibanding Terapi Musik Pada Pasien Pasca Bedah. Jurnal Keperawatan Indonesia. 2014:17:2:74-80.

Elvianur, 2013. Efektivitas Pemberian Pendidikan Kesehatan dan Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi BPH Di RS PKU Muhammadiyah Gombong, Skripsi Muhammadiyah Gombang.

Eva Masrvia. Pengaruh Mendengarkan Bacaan Asmaul Husna Terhadap Perubahan Skala Nyeri Pada Pasien Fraktur Di RSUD dr. R. Soedjono Selong. 2018:4:2:66-74

Fitriyatun Iis, 2014. Aplikasi Teknik Nafas Dalam dan Murottal Surat Al-Fatihah Untuk Mengurangi Nyeri Pada Pasien Post Apendiktomi Di RS Bhayangkara Semarang, Tesis Universitas Muhammadiyah Semarang.

Handayani, 2014. Gambaran Penerapan Latihan Batuk Efektif Terhadap Kemampuan Batuk Pada Pasien TB Paru Di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Karya Tulis Ilmiah Politeknik Kesehatan Kendari.

Hendri, Yuda. 2018. Penerapan Teknik Relaksasi Nafas Dalam Dan Terapi Murrotal Untuk Mengurangi Intensitas Nyeri Pada Pasien Fraktur Post Op Hari Ke 2 Di RSUD Prof DR. Margono, Studi Kasus Stikes Muhammadiyah Gombang.

Heny & Ummi, 2017. Penerapan Teknik Relaksasi Nafas Dalam dan Murotal Dalam Menurunkan Skala Nyeri Pada Pasien Post Urethrolithotomi. Karya Tulis Ilmiah Sultan Agung Semarang.

Herdman. 2015. Diagnosis Keperawatan dan Definisi Klasifikasi. EGC. Jakarta.

Hidayat, 2014. Efektivitas Pemberian Pendidikan Kesehatan dan Terapi Murrotal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi BPH Di RS PKU Muhammadiyah Gombong. Skripsi Muhammadiyah Gombang.

Hidayat, 2014. Perbandingan Pengaruh Kompres Hangat dan Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Laparatomi Di Ruang Mawar RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung, Karya Tulis Ilmiah Tanjungkarang.

Kahil, 2018. Pengaruh Terapi Murotal Al-Qur’an Melalui Media Audio Terhadap Waktu Pulih Sadar Post Op Laparatomi General Anastesi Di Ruang Pemulihan RSUD Dr. H. Abdul Moelek Provinsi Lampung, Karya Tulis Ilmiah Tanjungkarang.

Kartawijaya, dkk. Pengaruh Aroma Terapi Lemon Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pasien Post Operasi Laparatomi. Jurnal Kesehatan 2017:9:3.

Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Kemenkes RI. Jakarta.

Khalilati, Noor dan Humaidi. Pengaruh Terapi Murrotal Al-Qur’an Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Pasien Cedera Kepala Di Ruang Bedah Umum RSUD Ulin Banjarmasin. Al Ulum Sains dan Teknologi. 2019:5:1.

Mansouri, dkk. Efektivitas Murottal Al-Qur’an Terhadap Respon Fisiologis, Kecemasan Pre Operasi dan Gelombang Otak. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta. 2017:5:3:451- 455.

Marliyana. Pemberian Terapi Murrotal Qur’an Terhadap Nyeri Saat Perawatan Luka Post Op Laparatomi. Di Ruang Kutilang RS.Dr.H.Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung. 2018:4:2.

Mubarak, 2016. Asuhan Keperawatan Pemenuhan Kebutuhan Rasa Nyaman Nyeri Pada Pasien Post Operasi Benigna Prostat Hiperplasia Di Ruang Bedah RSUD Jendral Ahmadyani Metro, Karya Tulis Ilmiah Tanjungkarang.

Mulyani. Pengaruh Terapi Murrotal Al-Qur’an Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Pasien Cedera Kepala Di Ruang Bedah Umum RSUD Ulin Banjarmasin. Jurnal Sains dan Teknologi. 2016:5:1:30-36.

Nani, dkk. Perbedaan Pengaruh Terapi Murrotal Selama 15 Menit dan 25 Menit Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Pasien Kanker Pasca Bedah. Jurnal Keperawatan. 2019:1:1.

Nastiti. Efektifitas Terapi NonFarmakologi Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Persalinan Kala I. Jurnal Of Islamic Nursing. 2015:3:2.

Nugroho. Pemberian Terapi Murrotal Qur’an Terhadap Nyeri Saat Perawatan Luka Post Op Laparatomi. Di Ruang Kutilang RS.Dr.H.Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung. 2013:4:2.

Nurhayati, 2015. Pengaruh Relaksasi Autogenik Terhadap Respon Nyeri Pada Pasien Post Operasi Bedah Umum Di RS Umum Daerah DR. Moewardi Surakarta, Karya Tulis Ilmiah Surakarta.

Puspita, dkk Efektifitas Waktu Penerapan Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Bedah Mayor Abdomen RSUD Tugurejo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2014.

Rilla, 2015. Penerapan Distraksi Audio Murrotal Al-Qur’an Surat Ar-Rahman Terhadap Penurunan Nyeri Post Section Caesarea Di RSUD Karanganyar, Karya Tulis Ilmiah Surakarta.

Rosdalh & Kawaiski. Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Skala Nyeri Pasien Post Operasi. Jurnal Ipteks Terapan. 2015:10:3:148-154.

Saputry, 2017. Efektifitas Terapi Musik Klasik Terhadap Nyeri Luka Perineum Pada Ibu Post Partum. Di Klinik Hajjah Rawit Dan Klinik Budi Kemuliaan Medan, Karya Tulis Ilmiah Kebidanan Medan.

Siswantinah. Perbedaan Pengaruh Terapi Murrotal Selama 15 Menit dan 25 Menit Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Pasien Kanker Pasca Bedah. Jurnal Keperawatan. 2014:1:1.

Solehati. Pengaruh Terapi Musik Terhadap Respon Nyeri Pada Pasien Dengan Post Operasi Di RSUD A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan. 2017:4:1:14-22.

Sulistyo, 2013. Asuhan Keperawatan Dengan Masalah Keperawatan Nyeri Akut Post Curretage atas Indikasi Abortus. Di Ruang Bougenville RUSD dr. R Goeteng Purbalingga. Studi Kasus Purbalingga.

Susanti, Susi, dkk. Pengaruh Terapi Murrotal Al-Qur’an Untuk Menurunkan Nyeri Post Operasi Fraktur Ekstermitas Bawah Hari ke 1. Jurnal On Medical Science Indonesia. 2019:6:2.

Syafei. Pengaruh Pemberian Terapi Audio Murottal Qur’an Surat Ar-Rahman Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Katarak Senilis. Jurnal Kesehatan. 2018:9:1.

Tetty, 2015. Pengaruh Teknik Distraksi Musik Klasik Pada Pasien Post Operasi Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri dan Kecemasan Di Ruang Rawat Inap RS Bhakti Rahayu Surabaya, Tesis Universitas Merdeka Surabaya.

Tunner, 2013. Penerapan Terapi Murottal Al-Qur’an Untuk Menurunkan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Fraktur Klavikula Sinistra dan Fraktur Femur Di Ruang Teratai RSUD Dr. Soedirman Kabupaten Kebumen, Karya Tulis Ilmiah Muhammadiyah Gombong.

Widayarti, 2014. Penerapan Distraksi Audio Murrotal Al-Qur’an Surat Ar-Rahman Terhadap Penurunan Nyeri Post Section Caesarea Di RSUD Karanganyar, Karya Tulis Ilmiah Aisyiyah Surakarta.

Wijaya. Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Persalinan dan Kecemasan Dalam Bersalin Primigravida Kala I Fase Aktif Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo. Jurnal Ilmiah. 2014:7:1:119-129.

WHO, 2015. Pengaruh Autogenik Terhadap Respon Nyeri Pada Pasien Post Operasi Bedah Umum. Di RS Daerah DR. Moewardi Surakarta, Tesis Stikes Aisyiyah Surakarta.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Permana, B., Nurhayati, N., Amelia, C. N., & Lindayani, L. (2021). THE EFFECTIVENESS OF AL-QUR’AN MURROTAL THERAPY ON REDUCING PAIN AMONG POSTOPERATIVE PATIENTS: A SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 7(1), 54–65. https://doi.org/10.33755/jkk.v7i1.197