HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP CARING MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Authors

  • Fransiska Sri Susilaningsih
  • Valentina Belinda Marlianti Lumbantobing
  • Marisa Mar'atus Sholihah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v6i1.141

Keywords:

Caring, Kecerdasan Emosional, Sikap

Abstract

Kecerdasan emosional penting dimiliki oleh mahasiswa keperawatan sebagai calon perawat professional. Kemampuan mengelola emosi yang baik akan membantu seseorang untuk dapat memahami diri sendiri dan orang lain, memiliki empati terhadap orang lain, serta mampu melakukan tindakan yang tepat dalam berbagai situasi. Kemampuan tersebut mempengaruhi sikap seorang perawat dalam memberikan asuhan keperawatan, dimana dalam pelaksanaannya caringadalah inti dalam setiap asuhan keperawatan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan sikap caring mahasiswa keperawatan Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi (descriptive correlational) yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan angkatan 2014 sampai 2017 yang berjumlah 607 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 241 mahasiswa. Terdapat 2 instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kuesioner kecerdasan emosional dan kuesioner sikap caring yang telah diuji masing-masing nilai validitas dan reliabilitasnya. Analisa univariat dengan tabel distribusi frekuensi dan analisa bivariat dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional mahasiswa tinggi (51%) dan sikap caring positif (45,2%). Hasil uji hubungan didapatkan korelasi positif antara kecerdasan emosional dengan sikap caring mahasiswa (Pvalue = 0.000; r = 0,515) yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan sikap caring mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah hampir setengah mahasiswa keperawatan Unpad yang memiliki kecerdasan emosional rendah, 72% memiliki sikap caring dengan kategori negatif. Sehingga saran bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi sikap caring mahasiswa serta upaya untuk meningkatkan sikap caring tersebut.

References

Agustian, Ary Ginanjar. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta : Arga Publishing.

Ardiana, A. Sahar, J. dan Gayatri, Dewi (2010). Dimensi Kecerdasan Emosional: Memahami dan Mendukung Orang Lain terhadap Perilaku Caring Perawat Pelaksana Menurut Persepsi Klien. Jurnal Keperawatan Indonesia, volume 13, No, 3.

Arifin, Johar. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Asmadi.(2008). Konsep Dasar Keperawatan.Jakarta : EGC.

Costello, M., & Barron, A. M. (2017). Teaching Compassion: Incorporating Jean Watson’s Caritas Processes into a Care at the End of Life Course for Senior Nursing Students. International Journal of Caring Sciences, 10(3), 1113–1117. Retrieved from www.internationaljournalofcaringsciences.org

Cheng, L., Liu, Y., Ke, Y., & Wang, W. (2017). Comparison of Caring Ability Between Chinese and American Nursing Students. Western Journal of Nursing Research, 39(2), 290–304.

https://doi.org/10.1177/0193945916656613

Cooper, Robert K. (1998). Executive EQ : Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta : Gramedia.

Darmini, A. A. A. Y., Susanti, N. L. P. D., & Kamaryati, N. I. P. (2017). Gambaran Kecerdasan Emosional dan Perilaku Caring Perawat di Rumah Sakit Daerah Badung, Bali.Jurnal Keperawatan Komprehensif, 3, 94–100.

Dwidiyanti, Meidiana. (2007). “Caring†Kunci Sukses Perawat/Ners Mengamalkan Ilmu. Semarang : Hasani.

Fitch, Mike. (2017). Developing Emotional Intelligence ( E . I .) Competencies Emotional Intelligence (“ EQ â€) Emotional Intelligence (“ EQ â€), 1–36.

Fkep Unpad. (2016). Profil Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. http://fkep.unpad.ac.id/profil%20fkep.php

Frymier, A. B., & Nadler, M. K. (2017).The Relationship between Attitudes and Behaviors.From Persuasion: Integrating Theory, Research, and Practice, 42–58. https://doi.org/10.1037/h0034475

Gasya, Ibrahim. (2007). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Derajat Stress pada Mahasiswa tingkat Akhir. Universitas Gunadarma, Jakarta.

Ginting, Riama Yanti. (2011). Hubungan Tipe Kepribadian dengan Sikap Caring Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran.[SKRIPSI] Jatinangor : Universitas Padjadjaran.

Goleman. (1998). Kecerdasan Emosional. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Griffin, Mary dkk. (2010). Emotional Intelligence and Nursing Performance among Nursing Students. United States : Elsevier.

Hurlock, Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Ibrahim, K., Kosasih, C. E., & Anna, A. (2006). Sikap Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran terhadap Perawatan Pasien HIV/AIDS, (214). Retrieved from http://repository.unpad.ac.id/21635/

Kaur, D., Sambasivan, M., & Kumar, N. (2013). Effect of spiritual intelligence, emotional intelligence, psychological ownership and burnout on caring behaviour of nurses: A cross-sectional study. Journal of Clinical Nursing, 22(21–22), 3192–3202. https://doi.org/10.1111/jocn.12386

Laelasari. (2014). Pentingnya Kecerdasan Emosional Saat Belajar. Edunomic, 2, 33–36.

Lee, O. S., &Gu, M. O. (2013). The Relationship between Emotional intelligence and Communication skill, Clinical competence & Clinical practice stress in Nursing Students.Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 14(6), 2749–2759.https://doi.org/10.5762/KAIS.2013.14.6.2749

Morhardt, Harby. (2017). Gender Differences in Family Caregiving. Northwestern University Feinberg School of Medicine.https://www.caregiving.org/wp-content/uploads/2017/04/9NAC-Morhardt.pdf

Morrison, Paul dan Philip Burnard. (2008). Caring and Communicating : Hubungan Interpersonal dalam Keperawatan, Ed 2. Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ouellette, J. (2003). How To Improve Emotional Intelligence (Ei) At Work, 1–3.

Pajnkihar M., Stiglic G., dan Vrbnjak D. (2017). The Concept of Watson’s Carative factors in nursing and their (di)harmony with patient satisfaction. Peer-Reviewed & Open Access.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5299993/

Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Fakultas Keperawatan Tahun Akademik 2016/2017. http://fkep.unpad.ac.id/prodiS1.php

Potter & Perry. (2010). Fundamental Keperawatan Buku 1 Edisi 7.Jakarta : Salemba Medika.

Prihandhani, I. G. A. S. (2015).Hubungan Faktor Individu dan Budaya Organisasi dengan Perilaku Caring Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Ganesha Gianyar.Thesis, 3, 54–59.

Priyanti, Septina. (2010). Gambaran Tingkat Kecerdasan Emosional Mahasiswa A2006 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran.[SKRIPSI] Jatinangor : Universitas Padjadjaran.

Sahu, Tapas Lata dan R. P. Das. (2016). Gender Difference and Emotional Intelligence in Selected Hospitals – A Study. India : Berhampur University.

Sapountzi-Krepia, et al. (2013). The Concept of “ Care †as Perceived by Greek Nursing Students : a Focus Group Approach. International Journal of Caring Sciences, 6(3), 392–401.

Sarifudin, Y. B. (2015). Caring Perawat pada Praktek Keperawatan Program Studi Ners.

Scott, P. A. (2014). Lack of Care in Nursing: Is Character the Missing Ingredient? International Journal of Nursing Studies, 51(2), 177–180. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2013.08.006

Senduk, Yacinta. (2007). Mengasah Kecerdasan Emosi Orang Tua untuk Mendidik Anak.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Şenyuva, E., Kaya, H., Işik, B., & Bodur, G. (2014).Relationship between Self-compassion and Emotional Intelligence in Nursing Students.International Journal of Nursing Practice, 20(6), 588–596. https://doi.org/10.1111/ijn.12204

Siwantoro, E. (2013). Efektifitas Pemberian Modul Caring Berbasis Kecerdasan Emosional terhadap Peningkatan Kompetensi Keperawatan Mahasiswa Ners Dian Husada.Jurnal Keperawatan & Kebidanan - Stikes Dian Husada Mojokerto, 22–30.

Smith, Marlaine C. dan Marilyn E. Parker. 2015. Nursing Theories & Nursing Practice, Fourth Edition. America : F.A Davis Company.

Strickland, Ora Lea dan Colleen Dilirio. (2003). Measurement of Nursing Outcomes, Second Edition. America : Springer Publishing Company.

Sugiyono.(2011). Statistik Non Parametris untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta.

Sulisno, Madya. dan I. H. U. (2015). Interaksi Caring Mahasiswa Keperawatan Tingkat I, II, dan III. Jurnal Managemen Keperawatan, 3(1), 36–41.

Sumarni, T. (2016). Perilaku Caring pada Mahasiswa Keperawatan D3 STIKES Harapan BangsaPurwokerto, 9.

Sunaryo.(2013). Psikologi untuk Keperawatan Edisi 2.Jakarta : EGC.

Swarjana, I Ketut(2016). Statistik Kesehatan.Yogyakarta : CV Andi Offset.

Tjun, Lauw Tjun, Santy Setiawan, Sinta Setiana. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat dari Perspektif Gender.Jurnal Akuntansi, 1(2), 101–118.

Tridhonanto, Al dan Barenda Agency.(2009). Melejitkan Kecerdasan Emosi (EQ) Buah Hati.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Utami, Desi Vera. (2013). Persepsi Diri Mahasiswa A 2009 sebagai Mahasiswa Semester Akhir terhadap Kemampuan Caring di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. [SKRIPSI] Jatinangor : Universitas Padjadjaran.

Waghmare, Ramesh D. (2015). Gender Difference in Emotional Intelligence among College Students. Indian Association of Health : Indian Journal of Health and Wellbeing.

Wahyudi, Sutria, E., & Ashar, M. U. (2017).Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Caring Perawat di Ruang Perawatan Interna.Journal of Islamic Nursing, 2 Nomor 2.

Watson, J. (2012). Human Caring Science : A Theory of Nursing. Canada : Jones & Bartlett Learning.https://books.google.co.id/books?id=ygF-bw6lRxwC&printsec=frontcover&dq=Human+Caring+Science+:+A+Theory+of+Nursing.+Canada+:+Jones+%26+Bartlett+Learning.&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwij2pGam6jeAhWKP48KHaKGAX4Q6AEIKTAA#v=onepage&q=Human%20Caring%20Science%20%3A%20A%20Theory%20of%20Nursing.%20Canada%20%3A%20Jones%20%26%20Bartlett%20Learning.&f=false

Widanti, Hardjajani, Karyanta. 2015. Hubungan Kestabilan Emosi dengan Problem Solving pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa Volume 4 no 2.http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/108

Yulianti, E., Agustina, H. R., & Komariah, M. (2012) Hubungan Faktor-faktor yang Memengaruhi Sikap Caring pada Mahasiswa Fakultas KeperawatanUniversitas Padjadjaran, (Unpublished Mini Thesis) Universitas Padjadjaran, Bandung.

Published

2020-04-02

How to Cite

Susilaningsih, F. S., Lumbantobing, V. B. M., & Sholihah, M. M. (2020). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP CARING MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 6(1), 1–15. https://doi.org/10.33755/jkk.v6i1.141