TINGKAT USABILITAS DAN KEPUASAN EVERNOTE SEBAGAI PLATFORM E-LEARNING UNTUK MATA KULIAH ILMU DASAR KEPERAWATAN DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Ryan Hara Permana, Irfan Ardiansah, Dian Adiningsih, Mira Trisyani

Abstract


Evernote adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai platform e-learning alternatif untuk pendidikan tinggi. Namun, belum diketahui tingkat usabilitas dan kepuasannya pada pendidikan keperawatan di Indonesia. Penelitian ini menginvestigasi tingkat usabilitas dan kepuasan Evernote sebagai platform e-learning. Metode yang digunakan adalah survei menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling. Responden adalah 139 mahasiswa Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran yang mengikuti online course Ilmu Dasar Keperawatan versi trial. Data tendensi sentral (mean) dianalisis untuk setiap item dan setiap kategori. ‘Rerata usabilitas’ dan kepuasan terhadap ‘desain’ dinilai cukup baik (69,2% dan 77%), namun kategori ‘reliabitas sistem’, dan ‘hasil dan penggunaan di masa depan’ masih dinilai rendah (56,5% dan 56,4%). Ini menunjukkan bahwa aplikasi Evernote diminati oleh mahasiswa namun mereka belum dapat melihat kemanfaatannya dalam belajar karena penelitian dilakukan pada mata kuliah online versi trial. Penelitian lebih lanjut diperlukan dengan implementasi Evernote pada mata kuliah yang terintegrasi dengan kurikulum, dan didukung dengan tahap persiapan yang komprehensif.

Keywords


E-learning, Keperawatan, Kepuasan, Platform, Pendidikan, Usabilitas

References


Aghaee, N., & Larsson, K. (2013). Students’ perspectives on utility of mobile applications in higher education. In International Conference on Mobile Web and Information Systems (pp. 44–56). Springer.

AIPNI. (2017). AIPNI members in 2017. Retrieved from http://aipni-ainec.com/id/anggota_list//15

Ardito, C., De Marsico, M., Lanzilotti, R., Levialdi, S., Roselli, T., Rossano, V., & Tersigni, M. (2004). Usability of e-learning tools. In Proceedings of the working conference on Advanced visual interfaces (pp. 80–84). ACM.

Blair, R., & Serafini, T. M. (2014). Integration of education: Using social media networks to engage students. Systemics. Cybernetics, and Informatics, 6(12).

Cho, V., Cheng, T. C. E., & Lai, W. M. J. (2009). The role of perceived user-interface design in continued usage intention of self-paced e-learning tools. Computers & Education, 53(2), 216–227.

Coursaris, C. K., & Kim, D. J. (2011). A meta-analytical review of empirical mobile usability studies. Journal of Usability Studies, 6(3), 117–171.

Dotto, S. (2015). Using Evernote for Course Delivery. Retrieved February 1, 2017, from https://www.evernote.com/shard/s85/sh/5436fd39-69ed-46b0-88db-0bca9da0048d/ca16216b177b6bd2?inf_contact_key=fa433c059585eaf36165bb1036d1a145d1049245107c5b509a28049656f0fe32

Frughling, A., & Lee, S. (2005). Assessing the Reliability, Validity and Adaptability of PSSUQ. AMCIS 2005: Proceedings of the 11th Americas Conference on Information Systems, 2394–2402.

Kani, J. (2017). Evernote in the research consultation: a feasibility study. Reference Services Review, 45(1), 67–78.

Kearney, M., & Maher, D. (2013). Mobile learning in maths teacher education: Using iPads to support pre-service teachers’ professional development. Australian Educational Computing, 27(3), 76–84.

Kemenristekdikti. (2016). Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia. Retrieved May 3, 2018, from http://kuliahdaring.dikti.go.id/s/

Kukharenko, V. (2013). Designing Massive Open Online Courses. In ICTERI (pp. 273–280).

Laisheng, X., & Zhengxia, W. (2011). Cloud computing: a new business paradigm for E-learning. In Measuring Technology and Mechatronics Automation (ICMTMA), 2011 Third International Conference on (Vol. 1, pp. 716–719). IEEE.

Maulana, A., & Siswandini, N. (2018). Kemenristekdikti Luncurkan Sistem Pembelajaran Perguruan Tinggi Berbasis Daring. Retrieved May 3, 2018, from http://www.unpad.ac.id/2018/05/kemenristekdikti-luncurkan-sistem-pembelajaran-perguruan-tinggi-berbasis-dalam-jaringan/

Singh, H. (2003). Building effective blended learning programs. Educational Technology-Saddle Brook Then Englewood Cliffs NJ-, 43(6), 51–54.




DOI: https://doi.org/10.33755/jkk.v4i2.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

                                                                        Creative Commons License

This journal (p-ISSN : 23548428  e-ISSN : 25988727) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.