GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUMAH SAKIT DAERAH BADUNG, BALI

Authors

  • AAA Yuliati Darmini
  • NLP Dina Susanti
  • NI Putu Kamaryati

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v3i2.90

Abstract

Pelayanan keperawatan menjadi salah satu tolok ukur pelayanan kesehatan di rumah sakit dimana perawat melaksanakan tugas-tugas pemeliharaan klien secara langsung. Perilaku caring perawat dalam memberikan pelayanan sangat dibutuhkan. Perilaku ini sangat erat kaitannya dengan kecerdasan emosional dari kemampuan individu untuk mengetahui emosi dirinya sendiri dalam mengatur dan mengelola emosi menjadi motivasi positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kecerdasan emosional perawat dan perilaku caring perawat pasien bedah dan penyakit dalam di RSU Badung. Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross-sectional yang melibatkan 148 responden dengan teknik convenience sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan analisis deskriptif. Hasilnya ditemukan bahwa sebanyak 60 (81,1%) responden memiliki kecerdasan emosional sedang dan 14 (18,9%) yang tinggi. Untuk perilaku caring perawat ditemukan 3 (4,05%) responden dalam kategori kurang, 37 (50,0%) responden dalam kategori cukup, dan 34 (45,95%)responden dalam kategori adekuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keseluruhan responden cenderung memiliki kecerdasan emosional yang baik, sementara beberapa perawat masih mempunyai perilaku caring dalam kategori cukup baik.

References

Ardiana, A. dkk (2010). Dimensi Kecerdasan Emosional: Memahami dan Mendukung Emosi Orang Lain terhadap Perilaku Caring Perawat Pelaksana Menurut Persepsi Klien. Volume 13, No 3. November 2010: 133-138. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: EGC.

Gaghiwu, Lidia, dkk. 2013. Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Stress Hospitalisasi pada Anak Usia Toddler di Irina E Blu RSUP. Ejournal Keperawatan (e-Kp ) Volume 1. Nomor 1.

Hakim, A. (2012). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kinerja pada Karyawan. [Skripsi]. Fakultas Psikologi: Universitas Indonesia.

Haryono, R. (2013). Etika Keperawatan dengan Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Nursalam.(2011). Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi II Jakarta, Indonesia: Salemba Medika.

Prabowo, B., Ardiana, A., & Wijaya, D. (2014). Hubungan Tingkat Kognitif Perawat tentang Caring dengan Aplikasi Praktek Caring di Ruang Rawat Inap RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol 2. No 1. Universitas Jember.

Saputri, M.M.A. (n.d). Persepsi tentang Perilaku Caring Perawat dalam Pelayanan Keperawatan D Ruang Maranatha I.

Tanjung, N. (2012). Harapan Pasien dalam Kepuasan Perilaku Caring Perawat di RSUD Deli Serdang Lubukpakam. Volume 1.No. 2.

Wiyani, A. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.

Zees, F. (2011). Analisis Faktor Budaya Organisasi yang Berhubungan dengan Perilaku Caring Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD Prof. Dr. H. Aloesi Saboe Kota Gorontalo. [Tesis]. Fakultas Ilmu Keperawatan: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2017-11-30

How to Cite

Yuliati Darmini, A., Dina Susanti, N., & Putu Kamaryati, N. (2017). GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUMAH SAKIT DAERAH BADUNG, BALI. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 3(2), 94–100. https://doi.org/10.33755/jkk.v3i2.90