HUBUNGAN ANTARA PENANGANAN DIABETES MELITUS: EDUKASI DAN DIET TERHADAP KOMPLIKASI PADA PASIEN DM TIPE 2 DI POLIKLINIK RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG

Authors

  • Hilda Novyanda
  • Wini Hadiyani

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v3i1.81

Keywords:

Edukasi, Diet, Diabetes-Mellitus

Abstract

Diabetes Melitus (DM) adalah penyakit seumur hidup dimana badan seseorang tidak memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi dengan baik (Johnson, Marilyn 2005). Peningkatan komplikasi DM meningkat setiap bulannya di Poliklinik Endokrin RSHS Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penanganan DM: Edukasi dan Diet terhadap komplikasi pada pasien DM Tipe 2 di Poliklinik RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan desain retrospektif dengan populasi sebanyak 95 orang dengan teknik pengambilan sampel purposif sampling dan didapatkan sampel sebanyak 50. Analisa data diolah menggunakan uji Chi-Square Test. Hasil penelitian ini mendapatkan hubungan yang signifikan antara edukasi mengenai DM dengan komplikasi didapatkan nilai p value (0,041) dengan α (5%) dan untuk hubungan antara kepatuhan diet DM dengan kejadian komplikasi mendapatkan hubungan yang signifikan dengan didapatkan nilai p value (0,020) dengan α (5%). Untuk itu disarankan khususnya kepada responden agar ikut serta jika ada penyuluhan yang diberikan oleh tenaga kesehatan serta patuh terhadap pilar penanganan DM khususnya Diet DM yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan.

References

American D, Association (ADA). 2005. Diagnosis and Clasification of Diabetes Mellitus. Diabetes Care. (Suplement1).

Ariani, Yesi. 2011. Hubungan antara Motifasi dengan Efekasi Diri Pasien DM Tipe2 di RSUP H. Adam Malik Medan. Jakarta: Fakultas Ilmu Kedokteran, Universitas Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar. 2003. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dharma, Kelana Kusuma. 2012. Metolologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Medika.

DinKes Kota Sukabumi. 2010. http://weight-loss-surgery-dallas.com, published 9 Februari 2013.

Gannong, Willian F. 1999. Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC.

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: SalembaMedika.

Holt T. Kumar. 2010. ABC of Diabetes Mellitus. A Jhon Willey Sons, Ltd., Publication. Chick ester. West Sussex. UK.

Lestari, Dian, Citrakesumatari, Sri’ah Alharini. 2013. Upaya Penanganan dan Perilaku Pasien Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Maradekaya Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanudin.

Kariadi, Sri Hartini. 2009. Diabetes? Siapa Takut? Panduan Lengkap untuk Diabetesi, Keluargannya dan Profesionaldis. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Malau MA. 2010. Hubungan Penyakit Jantung Koroner dengan Tingkat Hipertensi di RSUP H. Adam Malik Medan. Medan.

Meydani, Putri Yolla Dwi. 2011. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Upaya Pencegahan Komplikasi DM oleh Pasien DM di Poliklinik Khusus Penyakit Dalam RSUP Dr M. Djamil Padang. Padang: FIK Universitas Andalas.

Misdarini, Ariani Yesi. 2012. Pengetahuan DM dengan Kadar Gula Darah pada Pasien DM Tipe2.

Norris, S.L., Lau, J., Smith, S.J.,Schmid, C.H., & Engelgau, M.M. 2002. Self-Management Education for Adults with Type 2 Diabetes A Meta-analysis of the Effect on Glycemic Control. Diabetes Care, 25:1159–1171.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

PERKENI. 2002. Konsensus Pengelolan DM Tipe 2 di Indonesia. Jakarta : PB. PERKENI.

___________. 2006. Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes mellitus Tipe 2 di Indonesia. Jakarta : PB. PERKENI.

Purwanto, Nasrul Hadi. 2011. Hubungan Pengetahuan tentang Diet Diabetes Mellitus dengan Kepatuhan Pelaksanaan Diet pada Penderita Diabetes Mellitus. Denpasar.

Smeltzer, Suzanne C., Bare Brenda G. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth Ed.8 vol 2. Jakarta: EGC.

Sudjatmiko, Andika Nur. 2011. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kemunculan Komplikasi Kronik Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 RSUD Kabupaten Kudus. Kudus.

Syaifuddin. 2010. Anatomi Fisiologi: Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Keperawatan dan Kebidanan, Ed.4. Jakarta: EGC.

Riyadi, Sujono. 2008. Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Eksokrin dan Endokrin pada Pancreas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Vaughan DG, Asbury T. 2001. Oftalmologi Umum. Jakarta: WidyaMedika.

Waspadji, S. 2007. DM: Mekanisme Dasar dan Pengelolaannya yang Rasional dalam Penatalaksanaan DM Terpadu. Jakarta.

Yoga, Achmad Setyo. 2011. Hubungan antara 4 Pilar Penanganan Diabetes Mellitus dengan Keberhasilan Pengelolaan DM Tipe 2. FK UNPAD.

Downloads

Published

2017-11-30

How to Cite

Novyanda, H., & Hadiyani, W. (2017). HUBUNGAN ANTARA PENANGANAN DIABETES MELITUS: EDUKASI DAN DIET TERHADAP KOMPLIKASI PADA PASIEN DM TIPE 2 DI POLIKLINIK RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 3(1), 25–33. https://doi.org/10.33755/jkk.v3i1.81