MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PENDIDIKAN KEPERAWATAN

Authors

  • Suci Noor Hayati SINTA ID (6657044) Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Jawa Barat
  • Gina Nurdina
  • Tri Antika Rizki Kusuma Putri

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v7i1.203

Keywords:

Pembelajaran jarak jauh, Pendidikan keperawatan, metode pembelajaran

Abstract

Latar belakang: Berbagai metode pembelajaran telah digunakan untuk menunjang proses pembelajaran terutama selama era pandemik seperti saat ini. Pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi merupakan salah satu metode yang tidak asing terutama bagi generasi milenialis. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meringkas studi penelitian tentang pembelajaran jarak jauh dalam pendidikan keperawatan. Metode: literature review menggunakan dua database (Pubmed dan Sciendirect) untuk studi sebelumnya yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir (2015-2020). Format CASP dan pedoman PRISMA, serta PICOT framework digunakan untuk menilai kualitas studi dan membantu dalam pemilihan artikel serta untuk menentukan kriteria inklusi penelitian. Hasil: Sebanyak 5 artikel dari 137 studi dimasukkan dalam proses review. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada nilai kognitif, efikasi diri, dan kemampuan klinis dari peserta didik. Kesimpulan: Penggunaan digital material dapat digunakan oleh institusi pendidikan keperawatan terutama pada masa pandemic COVID-19 sebagai alternatif media pembelajaran. 

References

Amany, D., & Desire, A. (2020). Pembelajaran Interaktif berbasis Gamifikasi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.34306/abdi.v1i1.116

Booth, R., Sinclair, B., McMurray, J., Strudwick, G., Watson, G., Ladak, H., Zwarenstein, M., McBride, S., Chan, R., & Brennan, L. (2018). Evaluating a Serious Gaming Electronic Medication Administration Record System Among Nursing Students: Protocol for a Pragmatic Randomized Controlled Trial. JMIR Research Protocols, 7(5). https://doi.org/10.2196/resprot.9601

CZwart, D. P., Noroozi, O., Luit, J. E. H. Van, Goei, S. L., & Nieuwenhuis, A. (2020). Effects of Digital Learning Materials on nursing students’ mathematics learning, self-efficacy, and task value in vocational education. Nurse Education in Practice, 44. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102755

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Insdustri 4.0. Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Fonseca, L. M. M., Aredes, N. D. A., Fernandes, A. M., Batalha, L. M. da C., Apóstolo, J. M. A., Martins, J. C. A., & Rodrigues, M. A. (2016). Computer and laboratory simulation in the teaching of neonatal nursing: innovation and impact on learning. Rev. Latino-Am. Enfermagem, 1–9. https://doi.org/ 10.1590/1518-8345.1005.2808

Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 28–35.

Hayati, S. N., Supriatin, E., & Putri, T. A. R. K. (2019). Effect of Problem Solving Cycle (PSC) on Nursing Student’s Leadership Competencies. KnE Life Sciences, 2019, 917–922. https://doi. org/10.18502/kls.v4i13.5351

Leite, D. F. ., Padilha, M. A. ., & Cecatti, J. G. (2019). Approaching literature review for academic purposes: The Literature Review Checklist. Clinics. https://doi.org/10.6061/clinics/2019/e1403

Mamin, R., & Arif, R. N. H. (2019). Efektivitas media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa pada Matakuliah IPA Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 348–352.

Moradimokhles, H., & Hwang, G. (2020). The effect of online vs. blended learning in developing English language skills by nursing student: an experimental study. Interactive Learning Environments. https://doi.org /10.1080/10494820.2020.1739079

Putrawangsa, S. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran di Era Insdustri 4.0. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Hamid, M. A., Sudarsana, I. K., Sahri, S., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0 (U. Rodliyah, Ed.). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 470–477.

Taufiqoh, U. (2017). Komunikasi virtual pada komunitas Women Online Shop Community Surabaya (WOSCA) di Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Vizcaya-Moreno, M. F., & Pérez-Cañaveras, M. R. (2020). Social Media Used and Teaching Methods Preferred by Generation Z Students in the Nursing Clinical Learning Environment: A Cross-Sectional Research Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17. https://doi.org/10.3390/ ijerph17218267

Published

2021-01-31

How to Cite

Noor Hayati, S., Nurdina, G., & Putri, T. A. R. K. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PENDIDIKAN KEPERAWATAN. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 7(1), 80–89. https://doi.org/10.33755/jkk.v7i1.203