GAMBARAN FASE BERDUKA PADA PASIEN STROKE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMBANGUNAN

Authors

  • Restiani Paripurna Sari
  • Titin Sutini
  • Iceu Amira Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v6i2.172

Keywords:

Gambaran fase berduka, pasien, stroke

Abstract

Stroke merupakan suatu masalah yang dapat terjadi kapan saja dan tidak terprediksi sebelumnya sehingga pasien dapat mengalami fase berduka. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien stroke yang berkunjung ke Puskesmas Pembangunan sebanyak 30 orang. Teknik sampel dengan menggunakan total sampling. Instrumen berisi 15 pertanyaan dan data penelitian disajikan dengan distribusi frekuensi berdasarkan nilai fase berduka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien stroke yang mengalami fase berduka hampir setengahnya responden berada pada fase tawar menawar (bargaining) sebanyak 36,7%, fase anger 26,7%, fase denial 16,7%, fase depresi 13,3% dan sebagian kecil mengalami fase acceptance sebanyak 6,7%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hampir setengahnya responden mengalami fase tawar menawar (bargaining) dan sebagian kecil berada pada fase penerimaan acceptance. Saran pada penelitian  ini untuk tenaga kesehatan agar lebih memperhatikan pasien pada saat mengalami fase berduka, untuk pasien agar  lebih sabar lagi dalam menghadapi fase berduka.

Author Biography

Iceu Amira, Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

Keperawatan Jiwa

Lektor

References

Chusiri, S., Chutinet, A., & Suwanwela, N. C. (2020). Incidence and Risk Factors of Postcontrast Acute Kidney Injury in Patients with Acute Ischemic Stroke, 2020.

Hayulita, S., Sari, D. R., & Depresi, K. K. (2014). PASIEN PASKA STROKE DI RUANG RAWAT JALAN RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL ( RSSN ) BUKITTINGGI TAHUN 2014 Staf Pengajar Program Studi S1 Keperawatan STIKes Yarsi Sumbar Bukittinggi Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan STIKes Yarsi Sumbar Bukittinggi, (April).

Muhrini, A., Ika, S., Sihombing, Y., & Hamra, Y. (2012). Hubungan umur, jenis kelamin dan hipertensi dengan Kejadian Stroke, 24–30.

Puspitasari, E. I., Pujiastuti, T. T., & Penelitian, L. B. (2016). Karakteristik Berduka pada Pasien yang Menjalani Hemodialisis Di Salah Satu Unit Hemodialisa Rumah Sakit Swasta Yogyakarta, 12–20.

Siregar, F. A., Epidemiologi, D., Kesehatan, F., Universitas, M., & Utara, S. (2005). DETERMINAN KEJADIAN STROKE PADA PENDERITA RAWAT.

Thomas Ari Wibowo. (2017). Jurnal Ilmiah Sehat BebayaVol.1 No. 2, Mei 2017, 1(2).

Yuliana Windarti*, Nurul Sri Wahyuni, C. H. R. (2019). Jurnal ilmiah mahasiswa universitas muhammadiyah ponorogo health science journal.

Published

2020-08-04

How to Cite

Sari, R. P., Sutini, T., & Amira, I. (2020). GAMBARAN FASE BERDUKA PADA PASIEN STROKE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMBANGUNAN. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 6(2), 81–84. https://doi.org/10.33755/jkk.v6i2.172