PENGARUH PENERAPAN PANDUAN PERILAKU CARING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU CARING MAHASISWA DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN
DOI:
https://doi.org/10.33755/jkk.v5i2.134Keywords:
Caring, Mahasiswa Keperawatan, PerilakuAbstract
Terdapat insiden pada proses pembelajaran yaitu mahasiswa bermain smartphone dikelas, insiden tersebut
mengakibatkan mahasiswa menjadi tidak menghargai, hal tersebut tidak sesuai dengan aspek caring pada penelitian.
Dibutuhkan upaya untuk mengubah perilaku tersebut, yaitu menggunakan penerapan panduan perilaku caring pada
proses pembelajaran. Tujuan: mengetahui adakah pengaruh penerapan panduan perilaku caring terhadap perilaku
caring mahasiswa Fakultas Keperawatan UNPAD. Metode: penelitian quasy experimental, populasi penelitian yaitu 12
kelompok tutorial angkatan 2016 dan sampel terpilih 5 kelompok tutorial. Data dikumpulkan menggunakan Kuesioner
Perilaku Caring dan sudah melalui proses content validity dengan uji CVI dan CVR. Hasil: seluruh kelompok
berperilaku caring dalam proses tutorial maupun praktikum baik sebelum dan sesudah penerapan panduan perilaku
caring dan didapatkan hasil peningkatan mean. Hasil uji statistik pada proses pembelajaran didapatkan p value = 0.004
(p < 0.05) untuk proses tutorial dan p value = 0.2854 (p > 0.05) untuk proses praktikum. Simpulan: terdapat pengaruh
penerapan panduan perilaku caring dalam proses tutorial dan tidak terdapat pengaruh penerapan panduan perilaku
caring dalam proses praktikum terhadap perilaku caring mahasiswa.
References
Arveklev, S. H., Berg, L., Wigert, H.,
Morrison-helme, M., & Lepp, M.
(2017). Nurse Education in Practice
Nursing students experiences of
learning about nursing through
drama. Nurse Education in Practice,
,60–65.
https://doi.org/10.1016/j.nepr.2017.09.
Kuo, C.-L., Turton, M., Cheng, S.-F., & Lee-
Hsieh, J. (2011). Using Clinical
Caring Journaling. Journal of
Nursing Research, 19(2), 141–149.
https://doi.org/10.1097/JNR.0b013e31
aa1a7
Lee-Hsieh, J., Kuo, C.-L., & Tseng, H.-F.
(2005). Application and evaluation of
a caring code in clinical nursing
education. The Journal of Nursing
Education, 44(4), 177–84. Retrieved
from
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/
Perry & Potter. (2016). Fundamental of
Nursing Ninth Edition. USA: Elsevier.
Schwind, J. K., Santa-Mina, E., Metersky, K.,
& Patterson, E. (2015). Using the
Narrative Reflective Process to
explore how students learn about
caring in their nursing program: an
arts-informed Narrative Inquiry.
Reflective Practice, 16(3), 390–402.
https://doi.org/10.1080/14623943.201
1052385
Simbolon, S. M., et al. (2015).
Pengembangan Caring Code Dalam
Pendidikan Ners Tahap Akademik Di
Stikes Santa Elisabeth Medan, VI(2),
–29.
Sulisno, M., dan Ulfa, I. H. (2015). Interaksi
Caring Mahasiswa Keperawatan
Caring Mahasiswa Antara Tingkat I,
Tingkat II dan III, 3(1), 36–41.