PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS III DI SDN BARANANGSIANG KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2017

Chatarina Suryaningsih, Nunung Nurjanah, Siti Sartika

Abstract


Anak usia sekolah merupakan masa dimana terjadinya pergantian gigi susu menjadi gigi permanen. Kurang pemahaman tentang perawatan gigi dan mulut akan beresiko terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut, sehingga perlu dilakukan pendidikan kesehatan sebagai upaya pencegahan dengan menanamkan perilaku yang baik sejak dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan jenis pre and post testwithout control. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 20 responden dan data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis melalui dua tahapan, yaitu univariat untuk mengetahui rata-rata dan bivariat untuk mengetahui pengaruh (t-dependent). Hasil penelitian didapatkan bahwa rerata nilai kemampuan sebelum 5,85 dan sesudah 10,05. Hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan menggosok gigi pada anak dengan nilai p value = 0,001. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan agar metode pendidikan kesehatan dengan ular tangga dilakukan secara rutin untuk memperbaharui wawasan terhadap anak di SD, mendukung dan memotivasi anak dalam menggosok gigi yang baik dan benar.


Keywords


Anak usia sekolah, menggosok gigi, ular tangga

Full Text:

PDF

References


BPDANP Kesehatan. (2013). Riset kesehatan Dasar. Retrieved Maret 18, 2017, from www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf.

Potter & Perry. (2005). Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.

Riyanti & Saptarini 2012 dalam, Kurnia, S. E., Elida, U., & Praba, D. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi dengan Metode Permainan Simulasi Ular Tangga terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Aplikasi Tindakan Gosok Gigi Anak Usia Sekolah di SD Wilayah Paron Ngawi. Retrieved April 18, 2017, from https://www.scribd.com/document/338677485/Ernita-K-docx.

Sari, Ulfiana, & Dian. (2010). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi dengan Metode Permainan Simulasi Ular Tangga terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Aplikasi Tindakan Gosok Gigi Anak Usia Sekolah di SD Wilayah Paron Ngawi.

Syafarudin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.

Wijayanti. (2016). Karakteristik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Retrieved April 21, 2017, from https: //www.academia.edu/16809297/Karakteristik_Peserta_Didik_Siswa_SD_dan_Penerapan_dalam_Pembelajaran_Di_Kelas.

Widjanarko, B., Wiradona, I., & Syamsulhuda. (2013). Pengaruh Perilaku Menggosok Gigi terhadap Plak Gigi Pada Siswa Kelas. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 8 / No. 1 / Januari 2013.

Wong, D.L.,, Hockenberry, M.,, Wilson, D.,, Winkelstein, M.L.,, & Schwartz, P. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatric Volume 1. Jakarta: EGC.




DOI: https://doi.org/10.33755/jkk.v3i2.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

                                                                        Creative Commons License

This journal (p-ISSN : 23548428  e-ISSN : 25988727) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.