PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DI SMP NEGERI 2 TANJUNGSARI SUMEDANG

Delli Yuliana, Iyos Sutisna

Abstract


Salah satu masalah utama yang dialami remaja adalah masalah kesehatan reproduksi. Hal ini didukung data SDKI (2012) yang menyatakan secara nasional terjadi peningkatan angka remaja yang melakukan hubungan seksual pranikah yaitu sekitar 9,3% atau sekitar 3,7 %.  Hal ini akan berdampak meningkatnya masalah reproduksi remaja misalkan kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi, penyakit menular seksual (PMS), serta kekerasan seksual. Berdasarkan latar belakang diatas, perlu dilakukan pendidikan kesehatan untuk mengingkatkan pengetahuan remaja terkait kesehatan reproduksi remaja.  Menurut beberapa penelitian sebelumnya pendidikan kesehatan terbukti efektif untuk meningkatkan pengetahuan. Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Metode Penelitian : Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi exsperimen), dengan pendekatan pre test dan post tes. Jumlah sampel dari masing-masing baik kelompok intervensi maupun kontrol sebanyak 22 responden, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan ke dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan tahap evaluasi,  analisis data menggunakan uji statistik t test independent dan dependen. Hasil penelitian terdapat perbedaan yang bermakna pada pengetahuan tentang kesehatan reproduksi sebelum dan setelah dilakukan pendidikan keseahatan ceramah pada kelompok intervensi (P=0.036), tidak terdapat perbedaan pada kelompok kontrol (p= 0.162). Kesimpulan Pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi.


Keywords


Pendidikan kesehatan dan Kesehatan Reproduksi.

Full Text:

PDF

References


Darma, K. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan : Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Frantin F. K, dkk. 2015. Pengaruh Promosi Kesehatan Reproduksi Remaja terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMP Negeri 08 Belitung. Politeknik Kemenkes Manado. Jurnal Ilmiah Bidan.

Istichomah. 2004. Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Hipertensi Kehamilan terhadap Pemeliharaan Tekanan Darah Ibu Hamil di Puskesmas Pundong Bantul. Yogyakarta: Jurnal Kesehatan Surya Medika.

Kusmiran E. 2011. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2012. Promosi Kesehatan di Sekolah: Jakarta: Rineka Cipta.

Nasotion, Lilestina. 2012. Pengaruh Pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja terhadap Perilaku Seksual Pranikah di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan KB dan Keluarga Sejahtera. BKKBN.

Pius. 2001. Ilmu Sosial Dasar. Bandung: Refika Aditama.

Potter dan Perry. 2010. Fundamental of Nursing: Fundamental keperawatan: Buku 1: Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.

Rijal. 2015. Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Reproduksi terhadap pengetahuan dan Sikap tentang perilaku seksual pada remaja di SMP Negeri 2 Galur Kulon Progo. Yogyakarta: Naskah Publikasi.

Septiana. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja tentang Kesehatan Reproduksi di SMP Islam Ruhuma Ciputat. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.

Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia. 2012. Kesehatan Reproduksi Remaja. Diunduh 20 November 2016, dari http://www. Kesga.kemkes.go.id.

Yuliana, Sekarwana, dan Susanti. 2014. Pengaruh Edukasi Sebaya terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Kebersihan Gigi Dan Mulut pada Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kebon Hui Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Tesis. Universitas Padjadjaran: Bandung. Tidak Dipublikasikan.

Zioleny, R., Kimzeke, G., Stakic, S., Bruyn, M.D., et al (2000). Peer education training of trainers manual: Youth peer education elektronik resources. Diunduh 24 November 2016, dari http://www.aidsmark.org/ipc.en/pdf.




DOI: https://doi.org/10.33755/jkk.v3i1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

                                                                        Creative Commons License

This journal (p-ISSN : 23548428  e-ISSN : 25988727) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.