GAMBARAN KEPATUHAN MINUM OBAT ARV PADA ANAK DENGAN HIV/AIDS

Dewi Srinatania, Doni Sukarya, Linlin Lindayani

Abstract


Latar belakang:Penyakit HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan suatu penyakit yang terus berkembang dan menjadi masalah global. Permasalahan dalam pengobatan HIV/AIDS adalah ARV, di mana obat ini hanya untuk menekan replikasi virus, Penelitian klinik menunjukkan bahwa penderita yang mengikuti aturan pengobatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan teratur, umumnya obat-obat akan bekerja dengan baik. Kenyataannya, beberapa dokter mengatakan bahwa hanya separuh pasiennya menunjukkan hasil yang baik. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalalah kepatuhan pasien. Tujuan: Mengetahui gambaran kepatuhan minum obat pada pasien anak penderita HIV/AIDS. Metode:Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam. Data akan dianalisis menggunakan perspektif konstruksionis dengan asumsi memahami kenyataan melalui cerita, menerima pengalaman terjadi secara naratif, dan cerita berasal dari konstruksi dan persepsi peristiwa. Hasil: Hasil wawancara mendalam gambaran kepatuhan minum obat ARV pada anak dengan HIV/AIDS,  medapat  3 tema. Tema tersebut adalah alasan mengkonsumsi obat terus-menerus dipertanyakan, percaya atau believ terhadap efektifitas ARV. Dukungan keluarga. Kesimpulan:Setelah dilakukan proses wawancara mendalam kepada 4 partisipan didapatkan 3 tema,yaitu alasan mengkonsumsi obat terus-menerus dipertanyakan, percaya atau believ terhadap efektifitas ARV dan  Dukungan keluarga.


Keywords


Kepatuhan Pengobatan, Anak, HIV/AIDS

References


Subdin BPP & PL Dinkes Provinsi Papua. (2007). Informasi HIV/AIDS TanahPapua (Triwulan II 2007) Jumlah Kasus HIV/AIDS per 30 Juni 2007.Jayapura: Dinkes Provinsi Papua.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2003. Penanggulangan HIV danAIDS. Jakarta.

Sugiharti, S., Yuniar, Y., &Lestary, H. (2014).Gambaran Kepatuhan OrangDengan Hiv-Aids (Odha) Dalam Minum Obat Arv Di Kota Bandung,Provinsi Jawa Barat,Tahun 2011-2012. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 5(2Ags), 113-123.

Aru W.Sudoyo, B. S. (2006). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam (2 ed., Vol. III).Jakarta: Departemen Ilmu Penyakit Dalam.

Yuniar Y dkk. Faktor-faktor Pendukung Kepatuhan Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) dalam Minum Obat Antiretroviral di Kota Bandung dan Cimahi. Buletin Penelitian Kesehatan. Juni 2013, Vol. 41: 72 –83.




DOI: https://doi.org/10.33755/jkk.v6i1.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This journal (p-ISSN : 23548428  e-ISSN : 25988727) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Our Statistics