PENGARUH PENERAPAN PANDUAN PERILAKU CARING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU CARING MAHASISWA DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Rizka Aisyah, Aat Sriati, Valentina B.M.L

Abstract


Terdapat insiden pada proses pembelajaran yaitu mahasiswa bermain smartphone dikelas, insiden tersebut
mengakibatkan mahasiswa menjadi tidak menghargai, hal tersebut tidak sesuai dengan aspek caring pada penelitian.
Dibutuhkan upaya untuk mengubah perilaku tersebut, yaitu menggunakan penerapan panduan perilaku caring pada
proses pembelajaran. Tujuan: mengetahui adakah pengaruh penerapan panduan perilaku caring terhadap perilaku
caring mahasiswa Fakultas Keperawatan UNPAD. Metode: penelitian quasy experimental, populasi penelitian yaitu 12
kelompok tutorial angkatan 2016 dan sampel terpilih 5 kelompok tutorial. Data dikumpulkan menggunakan Kuesioner
Perilaku Caring dan sudah melalui proses content validity dengan uji CVI dan CVR. Hasil: seluruh kelompok
berperilaku caring dalam proses tutorial maupun praktikum baik sebelum dan sesudah penerapan panduan perilaku
caring dan didapatkan hasil peningkatan mean. Hasil uji statistik pada proses pembelajaran didapatkan p value = 0.004
(p < 0.05) untuk proses tutorial dan p value = 0.2854 (p > 0.05) untuk proses praktikum. Simpulan: terdapat pengaruh
penerapan panduan perilaku caring dalam proses tutorial dan tidak terdapat pengaruh penerapan panduan perilaku
caring dalam proses praktikum terhadap perilaku caring mahasiswa.


Keywords


Caring, Mahasiswa Keperawatan, Perilaku

References


Arveklev, S. H., Berg, L., Wigert, H.,

Morrison-helme, M., & Lepp, M.

(2017). Nurse Education in Practice

Nursing students experiences of

learning about nursing through

drama. Nurse Education in Practice,

,60–65.

https://doi.org/10.1016/j.nepr.2017.09.

Kuo, C.-L., Turton, M., Cheng, S.-F., & Lee-

Hsieh, J. (2011). Using Clinical

Caring Journaling. Journal of

Nursing Research, 19(2), 141–149.

https://doi.org/10.1097/JNR.0b013e31

aa1a7

Lee-Hsieh, J., Kuo, C.-L., & Tseng, H.-F.

(2005). Application and evaluation of

a caring code in clinical nursing

education. The Journal of Nursing

Education, 44(4), 177–84. Retrieved

from

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/

Perry & Potter. (2016). Fundamental of

Nursing Ninth Edition. USA: Elsevier.

Schwind, J. K., Santa-Mina, E., Metersky, K.,

& Patterson, E. (2015). Using the

Narrative Reflective Process to

explore how students learn about

caring in their nursing program: an

arts-informed Narrative Inquiry.

Reflective Practice, 16(3), 390–402.

https://doi.org/10.1080/14623943.201

1052385

Simbolon, S. M., et al. (2015).

Pengembangan Caring Code Dalam

Pendidikan Ners Tahap Akademik Di

Stikes Santa Elisabeth Medan, VI(2),

–29.

Sulisno, M., dan Ulfa, I. H. (2015). Interaksi

Caring Mahasiswa Keperawatan

Caring Mahasiswa Antara Tingkat I,

Tingkat II dan III, 3(1), 36–41.




DOI: https://doi.org/10.33755/jkk.v5i2.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

                                                                        Creative Commons License

This journal (p-ISSN : 23548428  e-ISSN : 25988727) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.