GAMBARAN TINGKAT DEPRESI, KECEMASAN DAN STRESS PADA MAHASISWA JUNIOR KEPERAWATAN DI INDONESIA

Authors

  • Agus Hendra
  • Bella Risma Heryanti
  • Agni Laili Perdani STIKEP PPNI Jawa Barat Jalan Ahmad IV No.32 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v6i2.180

Keywords:

stress, depression, anxiety, nursing students

Abstract

Stress adalah masalah kesehatan yang akan menjadi epidemik global pada abad ke-21. Mahasiswa keperawatan adalah kelompok masyarakat yang rentan akan stress dan dipicu oleh faktor akademik, klinik dan lingkungan. Dinamika perubahan belajar dan perbedaan proses akademik dari sekolah ke perguruan tinggi dan hal tersebut menjadi sumber utama stress pada mahasiswa baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tingkatan depresi, kecemasan, dan stress pada mahasiswa junior keperawatan.. Penelitian ini adalah cross-sectional study yang dilakukan di salah satu institusi keperawatan di Indonesia pada bulan Desember-January 2019. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling dengan Instrumen DASS (Depression Anxiety Stress Scale). Pengambilan data menggunakan online questionnaire form dan teknik analisa univariate data dengan SPSS Version 25. Rata-rata usia pada tahap remaja 19.13 (SD±0.59), 82% perempuan dan 80.8% tinggal bersama orang tua kandung (p < 0.000). Rata-rata tingkat depresi 16.24 (SD±9.71), kecemasan 13.71 (SD±0.59) atau berada pada kategori sedang dan rata-rata tingkat stress adalah 12.49 (SD±10.18) (p < 0.000). Total 25 (32.1%), 28 (35.9%) dan 52 (66.7%) responden pada depresi, kecemasan dan stress adalah normal. Depresi - stress berada pada rata-rata tertinggi 1.14 (SD ± 0.89) dan terendah adalah kecemasan - stress (SD±0.68). Identifikasi data awal tingkat stress, depresi dan kecemasan pada mahasiswa junior dibutuhkan oleh institusi sebagai upaya dalam melakukan manajemen stress. Tindakan kolaboratif bersama dapat diupayakan oleh berbagai pihak meliputi pelatihan teknik relaksasi, pengenalan strategi koping efektif ataupun penyediaan sumber-sumber yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai upaya institusi dalam menciptakan proses akademik dan praktik klinis yang baik. 

Author Biography

Agni Laili Perdani, STIKEP PPNI Jawa Barat Jalan Ahmad IV No.32 Bandung

Department Pediatric Nursing. STIKEP PPNI Jawa Barat

 

References

Cestari, V. R. F., Barbosa, I. V., Florencio, R. S., de Paula Pessoa, V. L. M., & Moreira, T. M. M. (2017). Stress in nursing students: study on sociodemographic and academic vulnerabilities. Acta paulista de enfermagem, 30(2), 190.

Chernomas, W. M., & Shapiro, C. (2013). Stress, depression, and anxiety among undergraduate nursing students. International journal of nursing education scholarship, 10(1), 255-266.

Damanik, E. D. (2011). The measurement of reliability, validity, items analysis and normative data of Depression Anxiety Stress Scale (DASS). Retrieved from http://www2. psy. unsw. edu. au/dass/Indonesian/Damanik% 20Indonesian% 20translation.

Devkota, R & Shrestha S. (2018). Stress among Bachelor Level Nursing Students. Nepal Medical College Journal. 20(1-3): 33-40

Furegato, A. R. F., Santos, J. L. F., & Silva, E. C. D. (2008). Depression among nursing students associated to their self-esteem, health perception and interest in mental health. Revista latino-americana de enfermagem, 16(2), 198-204.

Lim, C. C., Chua, T. L., Creedy, D. K., & Chan, M. F. (2009). Preliminary study of stress in undergraduate nursing students in Singapore. Asiaâ€Pacific Psychiatry, 1(2), 74-80.

Labrague, L. J. (2014). Stress, stressors, and stress responses of student nurses in a government nursing school. Health Science Journal. Volume 7 (2013),Issue 4

López Rodríguez, I., Morales Ruiz, L., & Simón Gómez, Ã. (2013). Stress perception in nursing students facing their clinical practices. Enfermeria Global, (31), 244.

Lovibond, S. H., & Lovibond, P. F. (1996). Manual for the depression anxiety stress scales. Psychology Foundation of Australia.

Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., & Ramadania, I. (2018). Lingkungan Rumah Sakit dan Tingkat Kecemasan Mahaiswa Saat Melakukan Praktek Klinik. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 2(2), 117-125.

Parveen, A., & Inayat, S. (2017). Evaluation of factors of stress among nursing students. Adv Practice Nurs, 2(2), 136.

Sharif, F., & Masoumi, S. (2005). A qualitative study of nursing student experiences of clinical practice. BMC nursing, 4(1), 6.

Senturk, S., & Dogan, N. (2018). Determination of the stress experienced by nursing students’ during nursing education. International Journal of Caring Sciences, 11(2), 896-904.

Tol, W. A., Barbui, C., Bisson, J., Cohen, J., Hijazi, Z., Jones, L., ... & Silove, D. (2014). World Health Organization Guidelines For Management Of Acute Stress, PTSD, And Bereavement: Key Challenges On The Road Ahead. PLoS medicine, 11(12).

World Health Organization (WHO). (2006). The World Health Report 2006: Working Together For Health. World Health Organization.

World Health Organization (WHO). (2013). Guidelines For The Management Of Conditions That Are Specifically Related To Stress. World Health Organization.

Downloads

Published

2020-08-04

How to Cite

Hendra, A., Heryanti, B. R., & Perdani, A. L. (2020). GAMBARAN TINGKAT DEPRESI, KECEMASAN DAN STRESS PADA MAHASISWA JUNIOR KEPERAWATAN DI INDONESIA. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 6(2), 95–100. https://doi.org/10.33755/jkk.v6i2.180