PENGARUH PENERAPAN PANDUAN PERILAKU CARING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU CARING MAHASISWA DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Authors

  • Rizka Aisyah Universitas Padjadjaran
  • Aat Sriati
  • Valentina B.M.L

DOI:

https://doi.org/10.33755/jkk.v5i2.134

Keywords:

Caring, Mahasiswa Keperawatan, Perilaku

Abstract

Terdapat insiden pada proses pembelajaran yaitu mahasiswa bermain smartphone dikelas, insiden tersebut
mengakibatkan mahasiswa menjadi tidak menghargai, hal tersebut tidak sesuai dengan aspek caring pada penelitian.
Dibutuhkan upaya untuk mengubah perilaku tersebut, yaitu menggunakan penerapan panduan perilaku caring pada
proses pembelajaran. Tujuan: mengetahui adakah pengaruh penerapan panduan perilaku caring terhadap perilaku
caring mahasiswa Fakultas Keperawatan UNPAD. Metode: penelitian quasy experimental, populasi penelitian yaitu 12
kelompok tutorial angkatan 2016 dan sampel terpilih 5 kelompok tutorial. Data dikumpulkan menggunakan Kuesioner
Perilaku Caring dan sudah melalui proses content validity dengan uji CVI dan CVR. Hasil: seluruh kelompok
berperilaku caring dalam proses tutorial maupun praktikum baik sebelum dan sesudah penerapan panduan perilaku
caring dan didapatkan hasil peningkatan mean. Hasil uji statistik pada proses pembelajaran didapatkan p value = 0.004
(p < 0.05) untuk proses tutorial dan p value = 0.2854 (p > 0.05) untuk proses praktikum. Simpulan: terdapat pengaruh
penerapan panduan perilaku caring dalam proses tutorial dan tidak terdapat pengaruh penerapan panduan perilaku
caring dalam proses praktikum terhadap perilaku caring mahasiswa.

References

Arveklev, S. H., Berg, L., Wigert, H.,

Morrison-helme, M., & Lepp, M.

(2017). Nurse Education in Practice

Nursing students experiences of

learning about nursing through

drama. Nurse Education in Practice,

,60–65.

https://doi.org/10.1016/j.nepr.2017.09.

Kuo, C.-L., Turton, M., Cheng, S.-F., & Lee-

Hsieh, J. (2011). Using Clinical

Caring Journaling. Journal of

Nursing Research, 19(2), 141–149.

https://doi.org/10.1097/JNR.0b013e31

aa1a7

Lee-Hsieh, J., Kuo, C.-L., & Tseng, H.-F.

(2005). Application and evaluation of

a caring code in clinical nursing

education. The Journal of Nursing

Education, 44(4), 177–84. Retrieved

from

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/

Perry & Potter. (2016). Fundamental of

Nursing Ninth Edition. USA: Elsevier.

Schwind, J. K., Santa-Mina, E., Metersky, K.,

& Patterson, E. (2015). Using the

Narrative Reflective Process to

explore how students learn about

caring in their nursing program: an

arts-informed Narrative Inquiry.

Reflective Practice, 16(3), 390–402.

https://doi.org/10.1080/14623943.201

1052385

Simbolon, S. M., et al. (2015).

Pengembangan Caring Code Dalam

Pendidikan Ners Tahap Akademik Di

Stikes Santa Elisabeth Medan, VI(2),

–29.

Sulisno, M., dan Ulfa, I. H. (2015). Interaksi

Caring Mahasiswa Keperawatan

Caring Mahasiswa Antara Tingkat I,

Tingkat II dan III, 3(1), 36–41.

Published

2019-09-09

How to Cite

Aisyah, R., Sriati, A., & B.M.L, V. (2019). PENGARUH PENERAPAN PANDUAN PERILAKU CARING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU CARING MAHASISWA DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 5(2), 64–69. https://doi.org/10.33755/jkk.v5i2.134